Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Ditawari Posisi Berbeda

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Ditawari Posisi Berbeda

Remont Kv –┬áMelamar pekerjaan di bidang yang Anda kuasai tentu menjadi hal yang lumrah bagi para pelamar. Namun dalam praktiknya, seringkali pewawancara menawarkan pekerjaan yang berbeda dari yang Anda lamar.

Mungkin, dari hasil seleksi hingga wawancara, HR atau pewawancara memiliki nilai yang lebih cocok untuk Anda daripada posisi lain yang ditawarkan. Bahkan jika Anda sedikit terkejut dan tidak yakin, jangan membuat keputusan tergesa-gesa. Apalagi jika Anda sangat membutuhkan pekerjaan.

Pada dasarnya pelaku bisnis tentu memiliki pertimbangan dalam memberikan penawaran. Sebagai kandidat, Anda juga perlu memiliki pertimbangan yang tepat saat menanggapinya. Jangan menyesalinya, hanya karena Anda membuat keputusan cepat tanpa berpikir.

Untuk memudahkan Anda dalam menanggapi tawaran ini, berikut beberapa pertimbangan yang bisa Anda pertimbangkan saat menerima tawaran untuk posisi yang berbeda saat melamar pekerjaan.

1. Cari tahu alasan yang jelas

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menanggapi tawaran pekerjaan yang berbeda ini adalah mengetahui alasan tawaran itu. Apakah Anda dianggap tidak kompeten untuk posisi yang Anda lamar? Atau Anda akan jauh lebih cocok di posisi lain di perusahaan. Tanyakan kepada pewawancara tentang hal itu.

Gunakan bahasa profesional yang sesuai sehingga Anda tidak tampak menentang tawaran tersebut. Antusiasme tetap perlu ditunjukkan, mengingat peluang bagus bisa muncul dari posisi yang ditawarkan.

2. Lihat nilai jualnya

Ketika perusahaan menawarkan posisi yang berbeda, bukan berarti menawarkan posisi yang kurang baik. Anda perlu menghilangkan asumsi seperti itu, terutama jika Anda tidak mengetahui detail posisi yang mereka tawarkan.

Cobalah untuk melihat secara detail deskripsi pekerjaan dan elemen lain yang terkait dengan posisi yang diusulkan. Perusahaan mungkin sebenarnya menawarkan posisi yang lebih baik daripada yang Anda lamar sebelumnya.

3. Minta lebih banyak penawaran

Perusahaan juga tidak bisa hanya menawarkan posisi lain. Kondisi ini biasanya terjadi ketika perusahaan memiliki beberapa lowongan sekaligus. Cobalah untuk menemukan penawaran lain, Anda mungkin menemukan yang paling cocok untuk Anda.

Tetapi dalam hal ini, Anda masih perlu mempertimbangkan keterampilan dan tanggung jawab di masa depan. Anda harus dapat melihat apakah penawaran tersebut akan menguntungkan dan dapat dijalankan dengan baik. Jangan mendapat masalah di tempat kerja hanya karena Anda mengambil tawaran pekerjaan yang salah.

4. Pastikan kamu bukan pengganti

Anda berniat untuk menerima posisi yang ditawarkan oleh perusahaan, jadi pastikan Anda adalah satu-satunya kandidat untuk posisi ini. Jangan hanya digunakan sebagai pengganti, jika suatu saat orang yang diharapkan perusahaan tidak dapat menerima jabatan tersebut.

Kondisi seperti itu akan kontraproduktif jika ternyata posisi tersebut akhirnya diisi oleh orang lain selain yang diharapkan perusahaan.

5. Apakah Anda benar-benar tertarik?

Bahkan jika Anda ditawari posisi yang baik di perusahaan, Anda harus mengingat hal ini. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar tertarik dengan posisi ini? Atau Anda hanya ingin mencari pekerjaan dengan cepat.

Selain keterampilan yang tepat, minat yang kuat tentunya juga akan menjadi sangat penting ketika memilih pekerjaan. Pekerjaan itu tidak selalu mudah dan menyenangkan, itulah mengapa sangat penting untuk memilih pekerjaan yang menarik minat Anda. Minat ini akan memungkinkan Anda untuk memenuhi semua tantangan dan memaksimalkan kinerja Anda.

6. Pertimbangkan peluang lain

Ingatlah untuk mempertimbangkan kembali apa yang akan Anda dapatkan di posisi yang ditawarkan. Mari kita lihat apakah di posisi ini Anda dapat tumbuh dan mencapai karir yang cemerlang.

Jika ada peluang yang menjanjikan, tidak ada salahnya untuk menerima tawaran tersebut. Di sisi lain, tidak ragu-ragu untuk menolak akan menjadi keputusan yang bijaksana.

Referensi:

Blitarkota

gaji interpreter